5 Peluang Karir di Bidang Investasi Bergaji Tinggi

5 Peluang Karir di Bidang Investasi Bergaji Tinggi
| Austin Distel/Unsplash.com

Kalau kamu pernah berpikir untuk berkarir di bidang investasi, maka kamu adalah seorang visioner yang mampu melihat peluang besar di depan mata. Hingga saat ini investasi telah menjadi tren di berbagai kalangan dan akan terus seperti itu di masa mendatang. Maka dari itu, memulai karir di bidang investasi patut dipertimbangkan jika kamu tidak ingin kehilangan peluang besar yang ada.

Seorang content creator maupun influencer yang mengangkat topik investasi pun sering kali sukses menarik penonton. Tidak diragukan lagi, berkarir di bidang investasi adalah pekerjaan yang menjanjikan. Meski begitu, tidak sedikit dari kita yang masih ragu karena bidang ini merupakan hal yang baru kita temui.

Sebagai seseorang yang bijak, pastinya kita memerlukan banyak pertimbangan dalam memilih pekerjaan yang akan kita jalani dalam jangka waktu yang lama. Salah satunya adalah berapa gaji yang akan didapat ketika memilih pekerjaan tersebut. Nah, melalui artikel ini kamu bisa melihat apa saja peluang karir di bidang investasi dengan gaji yang tinggi. Yuk, simak artikel berikut!

Manajer Investasi

Hunters Race/Unsplash.com

Sebelum memulai investasi, ada banyak pertimbangan yang harus dipikirkan agar bisa menghasilkan keuntungan sesuai target yang diinginkan. Ada banyak macam investasi yang berseliweran saat ini seperti saham, crypto, obligasi, dan masih banyak lagi. Menganalisa setiap bentuk investasi memerlukan pengetahuan serta waktu yang tidak sedikit.

Oleh karena itu, muncullah peluang karir di bidang investasi sebagai manajer yang bisa membantu seorang investor dalam menganalisa hingga mengontrol sebuah investasi. Dengan kehadiran seorang manajer investasi, klien bisa tetap bekerja seperti biasa tanpa perlu memusingkan produk investasi apa yang menguntungkan. Dengan gaji kisaran 5-20 juta perbulan, manajer investasi bertanggung jawab untuk menganalisis pasar, mengambil keputusan investasi yang cerdas, hingga mengelola portofolio investasi.

Research Analyst

Firmbee.com/Unsplash.com

Peluang karir di bidang investasi selanjutnya adalah menjadi Research Analyst. Tidak jauh berbeda dengan manajer investasi, seorang Research Analyst dituntut untuk meriset dan menganalisa perusahaan hingga saham yang diperdagangkan di bursa efek. Dari hasil riset dan analisis Research Analyst, klien bisa mendapat insight, view, dan rekomendasi terhadap apapun bentuk investasi yang dianalisa.

Dilansir dari FrindosOnFinance, kebanyakan tokoh besar di pasar modal indonesia mengawali karir sebagai Research Analyst. Gaji seorang Research Analyst pun juga sangat menggugah dengan kisaran 7-8 juta perbulan. Mengingat besarnya gaji yang ditawarkan, seorang Research Analyst harus memiliki kepiawaian dalam menganalisis secara mendalam kondisi pasar agar bisa memberikan rekomendasi investasi terbaik kepada klien.

Konsultan Investasi

Towfiqu Barbhuiya/Unsplash.com

Karir lainnya yang membantu klien dalam memilih produk investasi terbaik dinamakan Konsultan Investasi. Sama seperti karir sebelumnya, seorang konsultan haruslah memiliki pengetahuan yang baik seputar dunia investasi.

Jika kamu adalah orang yang pandai dalam menganalisa dan berkomunikasi maka pekerjaan ini adalah pilihan karir yang tepat. Sebagian besar konsultan di Indonesia diberi upah kisaran 2-10 juta perbulan. Dengan gaji segitu, seorang konsultan diharapkan bisa menganalisis keuangan, merencanakan pajak, mengatur portfolio investasi dan tentu saja memberi rekomendasi investasi.

Sales

Linkedin Sales Solutions/Unsplash.com

Pekerjaan lainnya di bidang investasi yang memerlukan skill komunikasi yaitu Sales. Sama seperti pekerjaan Sales pada umumnya, mereka bekerja untuk menarik nasabah agar berinvestasi di sebuah institusi.

Tidak hanya memiliki kemampuan marketing yang baik, seorang Sales juga harus paham kondisi pasar agar bisa membantu nasabah memutuskan investasi sesuai kebutuhan dan tujuannya. Jika memilih berkarir sebagai Sales, maka perlu dipahami bahwa gaji yang didapat pastinya menyesuaikan dengan komisi atau biasa dikenal dengan struktur kompensasi sales. Terlepas dari itu, perkiraan gaji Sales berkisar 3-5 juta perbulannya.

Investment Banker

krakenimages/Unsplash.com

Beberapa pekerjaan sebelumnya selalu berkaitan dengan klien perseorangan. Namun, Investment Banker bertugas mendapatkan dana di pasar modal untuk perusahaan. Investment Banker harus mampu menganalisa kondisi keuangan hingga memberikan saran atau solusi terbaik dalam kebutuhan pendanaan perusahaan.

Selain menerbitkan saham dan obligasi, Investment Banker juga berperan dalam melakukan negosiasi untuk perusahaan. Gaji rata-rata seorang Investment Banker mencapai sekitar 4 juta perbulan.

Setelah membaca seputar peluang karir di bidang investasi sudahkan kamu menemukan karir di bidang investasi yang tepat? Kalau kamu memiliki minat yang tinggi di bidang investasi maka coba bangun karirmu mulai dari sekarang! Jangan lupa untuk membagikan artikel ini kepada teman-teman lain yang memiliki minat serupa di bidang investasi ya!

Karya Rachel Carisa Oswandi
Sebagai penugasan di kelas webinar intensif Portofolio Nulis: Menulis Artikel SEO untuk Pemula pada 27 April 2024.

| Editor : Vanessa Natalie Aritonang


Referensi

Research Analyst Salary in ID (May, 2024) – Jobstreet. (n.d.). Jobstreet. https://www.jobstreet.co.id/career-advice/role/research-analyst/salary

A. (2023, May 9). Gaji Manajer Investasi Di Indonesia. Jangkar Global Groups. https://jangkargroups.co.id/gaji-manajer-investasi-di-indonesia/

Annisa, B. (2024, May 3). Tugas, Definisi dan Manfaat Konsultan Keuangan. HSB Investasi. https://blog.hsb.co.id/pengetahuan-keuangan/manfaat-konsultan-keuangan/

Andrya, A. P. (2024, March 15). Gaji Sales di Indonesia Tahun 2024. Blog Pintarnya. https://blog.pintarnya.com/profesi/gaji-sales/

Profesi dan Karir di Pasar Modal Indonesia - Frindos on Finance. (2019, June 21). Frindos on Finance. https://www.frindosonfinance.com/2019/02/04/profesi-dan-karir-di-pasar-modal-indonesia/
11