7 Unwritten Rules Antre ATM, Wajib Dipatuhi!

7 Unwritten Rules Antre ATM, Wajib Dipatuhi!
| sumber : pexels.com

Pada webinar intensif Panduan Bikin Prompt AI untuk Konten Tulisan yang diadakan oleh Kelas Bersama dan Ardan, peserta diberikan challenge untuk membuat prompt tulisan dengan menggunakan tools ChatGPT. Kemudian, peserta belajar menulis konten dari prompt tersebut. Dari challenge ini, terpilih 3 pemenang yang karyanya diterbitkan di blog Kelas Bersama.

Berikut karya salah satu pemenang,Nurul Azizah, dengan judul konten "7 Unwritten Rules Antre ATM, Wajib Dipatuhi!"

Antre di ATM menjadi salah satu dari berbagai aktivitas harian secara umum. Orang-orang melakukan berbagai kepentingan transaksi saat berada di ATM. Tak heran, jika ada antrean saat akan melakukan transaksi di mesin ATM.

Nah, selama mengantre hingga melakukan transaksi, ada beberapa aturan tak tertulis atau unwritten rules yang wajib dipatuhi supaya semua orang merasa nyaman dan aman. Meskipun terkadang diabaikan, aturan tak tertulis menjadi bagian dari etika yang menciptakan ketertiban.

Mematuhi aturan ini bisa mencegah situasi tak menyenangkan. Apa saja tujuh unwritten rules antre ATM? Simak baik-baik, ya!

 1. Memberikan ruang privasi

Ketika orang lain menggunakan mesin ATM, pastikan kamu memberi jarak yang cukup dengan orang yang sedang melakukan transaksi. Unwritten rules antre ATM satu ini penting untuk menjaga privasi dan kemanan.

Setidaknya ini adalah cara sederhana untuk menghargai dan menghormati orang lain di ruang publik. Tentunya setiap orang tidak menyukai jika privasinya diganggu, bukan?

 2. Siapkan dulu kartu ATM dan PIN

Unwritten rules saat antre ATM berikutnya ialah menyiapkan kartu ATM dan PIN. Hal ini penting dilakukan supaya antrean berjalan cepat dan lancar. Jangan menunggu sampai giliranmu tiba, baru mencari-cari kartu di dalam dompet.

Tentu ini akan memakan waktu sehingga memperlambat antrean dan membuat orang lain merasa kesal. Jadi alangkah baiknya jika kamu menyiapkan kartu ATM dan PIN supaya bisa bergegas melakukan transaksi di depan mata.

 3. Jangan mengintip layar ATM orang lain

Jangan sekali-kali dengan sengaja berusaha mengintip layar ATM orang lain. Mengintip layar ATM orang lain adalah tindakan yang sangat tidak sopan dan bisa dianggap pelanggaran privasi.

Meskipun mungkin terjadi tanpa sengaja, usahakan untuk tidak melihat ke arah layar ATM ketika orang lain bertransaksi. Bayangkan saja jika kamu ada di posisi mereka. Tentunya kamu tak ingin orang lain mengetahui transaksimu, bukan?

 4. Bijak gunakan waktu

Jika sudah tiba giliranmu menggunakan mesin ATM, maka manfaatkan waktu dengan efisien. Jangan berlama-lama hanya untuk memeriksa saldo atau melakukan transaksi yang bisa dilakukan melalui mobile banking.

Selain itu, batasi jumlah transaksimu saat menggunakan mesin ATM. Jika kamu memiliki banyak transaksi, maka kamu bisa mengantre lagi untuk transaksi ke sekian.

Jangan membuat orang-orang di belakangmu menunggu lama. Mereka juga punya hak untuk menggunakan mesin ATM.

 5. Perhatikan sekitar sebelum mengambil uang

Selalu perhatikan lingkungan sekitar sebelum mengambil uang dari mesin ATM. Apabila kamu merasa ada yang mencurigakan, maka sebaiknya tunda pengambilan uang atau gunakan mesin ATM di tempat lain.

Unwritten rules satu ini berkaitan dengan prinsip keamanan. Ingatlah bahwa keamanan diri dan uangmu adalah hal utama yang wajib diperhatikan.

 6. Hindari penggunaan telepon saat di depan ATM

Ketika sudah ada di depan mesin ATM, hindari penggunaan telepon. Fokuslah pada transaksi yang akan dilakukan.

Penggunaan telepon tidak hanya akan menghambat antrean, tetapi juga mengurangi konsentrasi yang bisa mengakibatkan kesalahan transaksi. Misalnya, salah memasukkan jumlah uang yang akan ditarik atau salah memasukkan PIN ATM, dan sebagainya.

 7. Tetap tenang dan sabar

Masalah teknis bisa saja terjadi saat transaksi di mesin ATM. Jika kamu berjumpa dengan masalah teknis, tetaplah berusaha tenang dan sabar.

Jangan mengeluh dan memaki karena akan membuat suasana tidak nyaman. Menjaga sikap positif akan membantu membangun suasana antrean yang kondusif bagi semua orang.

Unwritten rules saat antre ATM merupakan bentuk kepedulian untuk menjaga kenyamanan dan keamanan. Cobalah untuk menerapkan tujuh unwritten rules di atas untuk menghadirkan pengalaman antre di ATM yang lebih baik bagi semua orang. Mari kita terapkan unwritten rules antre ATM dengan baik!

Karya Nurul Azizah
Sebagai penugasan di kelas webinar intensif Panduan Bikin Prompt AI untuk Konten Tulisan pada 24 Agustus 2024.
Editor : Vanessa Natalie Aritonang