8 Cara Manajemen Stres, Kunci Utama Berpikir Positif

Stres berupa kejadian yang mengenakkan maupun tidak mengenakkan yang berpengaruh pada tubuh, pikiran, dan perilaku sebagai wujud respons terhadap suatu kejadian. Stres ini melibatkan kejadian dan respons terhadap kejadian itu.

8 Cara Manajemen Stres, Kunci Utama Berpikir Positif
ilustrasi orang yang sedang dalam tekanan (stres)

Stres berupa kejadian yang mengenakkan maupun tidak mengenakkan yang berpengaruh pada tubuh, pikiran, dan perilaku sebagai wujud respons terhadap suatu kejadian. Stres ini melibatkan kejadian dan respons terhadap kejadian itu.

Manajemen Stres
Stres merupakan suatu bentuk ketegangan fisik, psikis, emosi, dan mental, yang dialami oleh seseorang dimana hal tersebut dapat mempengaruhi kegiatan atau aktifitas orang tersebut.Program ini memberikan pembelajaran bagi peserta mengenai cara-cara manajemen stress yang dapat dilakukan secara mandiri…
Ikuti Kelas Manajemen Stres di Kelasbersama.id

Dilansir melalui kemkes.go.id, berikut cara manajemen stres.

1.    Jaga kesehatan dengan cara olahraga atau aktivitas fisik teratur, tidur cukup, makan bergizi, makan bergizi seimbang, terapkan perilaku hidup bersih dan sehat.

2.    Melakukan kegiatan sesuaikan dengan minat dan kemampuan.

3.    Berpikir positif.

4.    Tenangkan pikiran dan kembangkan hobi.

5.    Bicarakan keluhan dengan seseorang yang dapat dipercaya.

6.    Meningkatkan ibadah sesuai dengan agama.

Berikut beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi stres.

1.    Konsumsi makanan sehat

Penting menjaga tubuh tetap sehat dengan makanan yang tepat membuat tubuh yang lebih tahan banting. Makanan sehat dimulai dari sarapan dan terus berlanjut sepanjang hari.

2.    Tidur cukup

Kurang tidur akan membuat orang uring-uringan. Mencoba rutinitas yang tepat sebelum tidur, seperti meditasi yang membuat tidur menjadi nyenyak.

3.    Ubahlah apa yang bisa diubah

Ganjalan di hati yang ada baiknya tidak disimpan. Gunakan komunikasi yang halus untuk menyampaikan apa yang dirasakan dan diinginkan.

4.    Coba lupakan masalah

Melakukan hal-hal yang menyenangkan untuk mencoba melupakan masalah adalah salah satu solusi untuk mengatasi stres yang dialami.

5.    Menerima apa yang tak bisa diubah

Menerima apa yang berada di luar kontrol atau di luar kendali adalah solusi mengatasi. Jangan mencoba untuk mengecap sesuatu itu baik atau buruk.

6.    Belajar bilang tidak

Sesuatu yang seharusnya tidak dilakukan atau tidak sesuai dengan keinginan dan kata hati, cobalah untuk menolak dan beranilah untuk berkata tidak.

7.    Ciptakan lingkungan yang menyenangkan

Pada lingkungan yang menyenangkan akan ditemukan kedamaian dan ketenangan. Pergilah berjalan-jalan ke alam bebas bila memungkinkan .

8.    Menghabiskan waktu dengan keluarga dan teman

Membagi perasaan dan masalah dengan orang-orang yang dipercaya dapat membantu mencari solusi, mengatasi masalah, dan membuat tenang.

Tulisan ini merupakan karya Febyana Siagian yang telah dipublikasikan di Tempo.co