8 Kunci Sukses Bisnis Online untuk Pemula, Harus Aktif di Media Sosial

Bisnis online yang dikelola dengan baik dan profesional, bisa sangat berpotensi untuk menghasilkan keuntungan yang berlipat. Namun hal ini juga tergantung si pengelola, karena jika tidak dikelola dengan baik juga kemungkinan bisa menyebabkan kerugian.

8 Kunci Sukses Bisnis Online untuk Pemula, Harus Aktif di Media Sosial
ilustrasi bisnis online, shutterstock.com

Sekarang ini memiliki side job atau pekerjaan sampingan menjadi hal yang biasa, bahkan banyak orang memilih pekerjaan sampingan yang mudah dilakukan di rumah. Salah satunya adalah bisnis online. Bisnis online menjadi kegiatan yang banyak dilakukan mengingat praktiknya terbilang mudah dan bisa dilakukan di mana saja.

Mengutip buku Sukses Bisnis Online: Panduan Membangun Toko Online Profesional oleh Anton Ramdan, bisnis online ini memiliki beberapa kelebihan seperti tidak perlu menyewa tempat mahal serta pemasaran yang dijangkau akan lebih luas. Anda juga akan terbebas dari kendala cuaca dan bisa dimulai hanya dengan modal kecil.

Terampil dalam Mengelola Bisnis
Melakukan peran sebagai pemimpin, baik di level menengah maupun di level tinggi, tentu sangat tidak mudah dalam mengelola bisnis di tengah perubahan yang sangat cepat. Apa yang mau dikelola, untuk siapa bisnis ini dikelola, bagaimana cara mengelolanya, siapa saja yang terlibat di dalamnya, dan…


Bisnis online yang dikelola dengan baik dan profesional, bisa sangat berpotensi untuk menghasilkan keuntungan yang berlipat. Namun hal ini juga tergantung si pengelola, karena jika tidak dikelola dengan baik juga kemungkinan bisa menyebabkan kerugian.

Jika Anda ingin merintis bisnis online atau sedang menjalankannya, simak cara-cara berikut ini agar bisnis yang dijalani tersebut bisa dikelola dengan baik.

Cara Sukses Bisnis Online
Tips berikut ini bisa diterapkan untuk Anda yang ingin memulai bisnis online atau kini sedang merintis bisnis tersebut.

  1. Cari Tahu Nilai dari Produk yang Dijual
    Hal pertama yang harus dilakukan adalah mengetahui nilai produk yang Anda jual. Dengan begitu, Anda akan lebih tahu apa saja kelebihan produk, keunikan, dan harga jual yang sesuai. Salah satu cara untuk mengetahui nilai produk apa yang akan Anda jual adalah dengan memposisikan diri sendiri sebagai pelanggan.

    Dengan mengetahui nilai dari produk yang dijual, Anda juga akan lebih mudah membangun brand awareness. Pelanggan nantinya akan lebih mudah mengenal keunikan dan nilai produk yang Anda jual.

  2. Pelajari juga Data-data Penjualan Anda
    Selanjutnya, tips dalam menjalankan bisnis online adalah Anda juga perlu memahami data. Anda harus bisa mempelajari data yang berkaitan dengan bisnis yang sedang dijalani. Misalnya terkait data penjualan dan data-data yang digunakan untuk promosi nantinya.

    Buat media sosial untuk mempromosikan produk. Berikutnya, karena Anda menjalankan bisnis online maka yang perlu dibuat adalah media sosial. Baik di platform Instagram, TikTok, atau bisa juga membuat website untuk toko online Anda. Hal ini akan mempermudah Anda dalam mempromosikan produk, serta membangun brand awareness agar lebih mudah dikenal oleh calon pembeli.

  3. Aktif Menggunakan Media Sosial
    Setelah itu, Anda juga harus aktif menggunakan media sosial tersebut agar bisa menarik calon pembeli. Jika pembeli aktif menggunakan media sosialnya, maka itu juga akan memungkinkan calon pembeli melakukan interaksi.

    Baik dari mengikuti akun Anda, memberikan like, komentar, atau membagikannya. Sehingga juga berpeluang untuk menaikkan engagement dari media sosial tersebut.

  4. Deskripsi Produk yang Menarik
    Dalam menggunakan platform media sosial untuk berbisnis online, penjelasan mengenai deskripsi produk akan sangat penting bagi calon pembeli. Deskripsi produk harus informatif dan juga persuasif. Maksudnya adalah mampu mengajak pembeli dengan menjangkau sisi emosional mereka. Salah satu caranya yaitu dengan copywriting yang menarik.

  5. Membuat Copywriting yang Menarik
    Masih berkaitan dengan penjelasan sebelumnya, bahwa copywriting menjadi hal yang sangat penting untuk bisa menarik pembeli online. Copywriting ini memang menjadi metode yang sering diterapkan pebisnis online untuk mempromosikan produknya.

  6. Berikan Promo
    Selanjutnya, hal yang paling disukai pelanggan adalah sale, potongan harga, atau promo. Maka Anda bisa sering menawarkan promo karena hal ini menjadi salah satu cara untuk membuat bisnis Anda berhasil. Namun pastikan terlebih dahulu barang yang Anda jual itu memiliki kualitas yang bagus. Sehingga nantinya pembeli bisa berlangganan dan bisa membeli lagi barang yang Anda jual baik saat promo atau tidak.

  7. Membuat Content Marketing
    Anda juga bisa berbisnis online dengan menggunakan content marketing. Penjelasan content marketing sendiri yaitu sebuah usaha untuk mempromosikan produk Anda melalui konten. Konten yang perlu dibuat adalah yang relevan dengan produk, bermanfaat, dan juga bisa menarik audiens.

  8. Gunakan Layanan Iklan Berbayar
    Kunci terakhir dalam melakukan bisnis online adalah beriklan. Kini promosi online bisa dilakukan dengan mudah, yaitu dengan beriklan di beberapa platform media sosial seperti Facebook, Instagram, Youtube, atau bisa juga menggunakan Google Ads. Beriklan di layanan tersebut, akan meningkatkan brand awareness dan juga memungkinkan peluang bisnis Anda.

Tulisan ini merupakan karya Vivia Agartha dan Awalia Ramadhani yang telah dipublikasikan di Tempo.co  

Tertarik untuk belajar bisnis online? Ikuti kelas Terampil dalam Mengelola Bisnis