Tips Menjaga Work-Life Balance

Tips Menjaga Work-Life Balance

Pada webinar intensif Panduan Bikin Prompt AI untuk Konten Tulisan yang diadakan oleh Kelas Bersama dan Ardan, peserta diberikan challenge untuk membuat prompt tulisan dengan menggunakan tools Artificial Intelligence. Kemudian, peserta belajar menulis konten dari prompt tersebut. Dari challenge ini, terpilih 3 pemenang yang karyanya diterbitkan di blog Kelas Bersama.

Berikut karya salah satu pemenang, Nikita Earlene Salsabila, dengan judul konten "Tips Menjaga Work-Life Balance"

Kuliah sambil bekerja memang menantang ya, di satu sisi kamu harus fokus dengan tugas kuliah, namun di sisi lain, pekerjaan juga tidak bisa ditinggal. Jangan khawatir, ada beberapa tips untuk Osemates* agar bisa menjaga work-life balance. Yuk, simak!

  1. Membuat jadwal
    Atur waktu antara kuliah, pekerjaan dan waktu istirahatmu. untu mempermudah, osemates bisa menggunakan aplikasi planner atau kalender untuk mengatur kegiatan harian. tugas tanggung jawab memang penting. Tapi jangan lupa sisihkan waktu untuk istirahat dan me-time ya.
  2. Membuat Skala Prioritas
    Dengan banyaknya tugas dan pekerjaan, penting untuk Osemates tahu mana yang harus didahulukan. Osemates harus fokus pada hal yang mendesak terlebih dahulu. Dengan begitu, kamu tidak akan kewalahan dengan deadline yang berdekatan.
  3. Minta Bantuan Orang Lain
    Tidak selalu harus kamu kerjakan sendiri. Kalau Osemates mengalami kesulitan baik di pekerjaan maupun tugas kampus, Osemates bisa meminta bantuan teman atau dosen untuk meringankan tugas Osemates.
  4. Tetapkan batasan
    Osemates haru memberitahu teman atau rekan kerja tentang waktu yang bisa kamu gunakan untuk belajar maupun bekerja. Dengan menetapkan batasan Osemates bisa menghindari overwork atau kebingungan antara kuliah dan kerja.
  5. Self-care
    Osemates, jangan lupa untuk selalu luangkan waktu buat diri sendiri. Walaupun sibuk, coba lakukan hobi atau aktivitas yang paling bikin kamu rileks. Dengan tubuh dan pikiran yang segar, tentunya Osemates akan lebih produktif.


Itu dia beberapa tips untuk menjaga keseimbangan antara kuliah dan kerja dari Osemin**. Semoga bermanfaat, berkarya dan jadi inspirasi!

| *Osemates = sebutan untuk pembaca
|
**Osemin = sebutan untuk penulis

Karya Nikita Earlene Salsabila
Sebagai penugasan di kelas webinar intensif Panduan Bikin Prompt AI untuk Konten Tulisan pada 24 Agustus 2024.
Editor : Vanessa Natalie Aritonang